Home » » Hujan Meteor Orionid pada 17-25 Oktober di Tengah Malam

Hujan Meteor Orionid pada 17-25 Oktober di Tengah Malam

Written By Redaksi on Wednesday, October 21, 2009 | 3:23 AM

Meteor Orionid berhamburan di langit, tepat di atas kepala kita pada tengah malam. Fenomena alam itu bisa disaksikan dari tanggal 17-25 Oktober 2009.

"Hujan meteor Orionid pada pertengahan Oktober, puncaknya sekitar pekan ketiga Oktober," ujar peneliti utama astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Dr Tjomas Djamaluddin pada detikcom, Rabu (21/10/2009).

Hujan meteor yang terjadi selama sepekan ini, imbuhnya, terjadi karena Bumi melintasi lintasan Komet Halley. Nah, meteor yang berhamburan itu sejatinya adalah sisa-sisa debu Komet Halley, yang muncul setiap 76 tahun sekali.

"Kalau malam cerah, kita bisa melihat bintang jatuh dari arah Rasi Orion, ada 4 bintang dengan 3 bintang di tengah. Tepat di atas kepala kita," jelasnya.

Saking derasnya, bisa disaksikan beberapa puluh meteor dalam satu jam. "Waktu yang paling baik adalah tengah malam hingga subuh," imbuh dia.

Hujan meteor itu bisa disaksikan dengan mata telanjang. Sedangkan dengan bantuan teleskop, malah lebih sulit karena sudut pandangnya sempit.

"Bintang jatuhnya seperti kembang api," jelas Thomas.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Biak Spaceport - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger